Rabu, 30 Maret 2011

Djembe Player

Salam .....,

Saya akan mencoba berbagi tentang pengalaman pertama saya belajar djembe. Waktu itu saya belum tahu banyak tentang alat musik djembe karena memang belum banyak di kenal seperti sekarang. Saya belajar pertama kali menggunakan djembe yang saya beli dari teman dengan harga yang cukup murah, hampir setahun saya belajar djembe tapi saya merasa kesulitan mencari karakter suara yang pas, referensi belajar waktu itu dari CD mamady keita, dan kadang belajar langsung dengan pemain-pemain djembe. Karena kurang puas dengan permainan djembe akibatnya saya sering tukar tambah djembe,dari yang berdiameter kecil sampai yang berdiameter besar dan semuanya masih juga kurang memuaskan saya masih kesulitan mencari karakter suara djembe, akhirnya secara tidak sengaja saya bertemu kelompok perkusi Javajine yang membuat sendiri alat-alat musik yang mereka mainkan. Setelah bertanya banyak dan menceritakan permasalahan saya belajar djembe mereka menyarankan untuk mencari djembe player, ternyata selama ini djembe yang saya pakai untuk belajar bukan djembe standart player,itu sebabnya saya sulit mencari karakter bass,tun,slap djembe.

Jika kalian para pemula yang kesulitan mencari karakter suara djembe mungkin sedikit pengalaman saya di atas bisa menjadi pelajaran. Coba kalian lihat apakah djembe yang kalian pakai untuk belajar adalah djembe dengan kualitas player,karena kalau tidak hhhmmmm ..... saya yakin sekali kalian akan kesulitar dalam belajar.

Lalu,apa bedanya djembe-djembe biasa dengan djembe player ....?? 

Sekarang saya akan mencoba memberikan sedikit gambaran tentang djembe player dan djembe biasa. jika dilihat dari bentuk dan ukurannya semua hampir sama, cuma yang berbeda adalah dari jenis tali,kulit,ukuran ring dan kayu.

TALI :
Untuk tali yang di gunakan pada djembe player biasanya menggunakan tali yang bahannya dari nilon. ciri-cirinya bisa kita ketahui bila kita membakar ujung tali,tali yang bagus biasanya susah untuk terbakar/leleh, dan biasanya tali tidak kaku.

KULIT :
Kulit yang bagus untuk djembe player biasanya kulit kambing atau sapi natural/bulu,bukan kulit yang di masak,dan tebal tipis kulit yang di gunakan mengikuti besar kecilnya diameter djembe atau juga tergantung kebutuhan sound yang akan kita gunakan,semakin besar diameter djembe maka kulit yang di gunakan akan semakin tebal. ciri-cirinya kulit yang bagus biasanya warnanya natural dan bukan berwarna putih bersih bukan putih alami.

RING :
Fungsi ring ini sendiri juga sangat berpengaruh untuk mencari saound yang di inginkan. Ring yang rapat dengan kayu tidak membuat kulit cepat kendur ketika di tunning/steam.

KAYU :
Agar mendapatkan suara yang maksimal jenis kayu pun harus yang berpori-pori padat seperti kayu nangka atau mahoni dan kayunya juga harus utuh tidak di sambung.

Semoga apa yang saya tulis ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan dan mencari djembe yang bagus. saya mengucapkan terimakasih banyak karena telah mengunjungi http://kangmujeckethnic.blogspot.com

tamparrr terusssss........!!!!

1 komentar:

  1. nice share bro..
    boleh tanya kalo beli djimbe player yang bagus dimana??terimakasih info nya

    BalasHapus