Popular Post

Posted by : kang mujeck Rabu, 04 Juni 2014


lokasi pembuatan : Bengkel Perkusi Java Jine. solo,jawa-tengah

berikut ini adalah sedikit postingan tentang proses pemasangan kulit djembe untuk teman-teman yang hobby memainkan alat musik ini.

pemasangan tali
gambar di atas adalah proses pemasangan tali setelah kayu / klowong djembe selesai di ukir atau di cat sesuai dengan yang kita inginkan. di sini tali yang di gunakan adalah berjenis Nilon, kelebihan tali jenis ini adalah tahan gesekan ketika suatu saat kita mau mengencangkan kulit djembe. 
lapisan lilin harus rata
sebelum kulit djembe kita pasang,terlebih dahulu kita harus mengolesi kayu bagian atas agar ketika kering kulit djembe tidak menempel dengan kayu. bila kulit djembe menempel dengan kayu maka akan berakibat robeknya kulit djembe ketika akan di steam suaranya atau di kencangkan. jadi proses ini tentu sangat penting dan harus selalu di ingat ketika kita akan memasang kulit djembe.

kulit di pasang pada ring
untuk mempermudah proses pemasangan, kulit djembe yang sudah di rendam dengan air haruslah di potong sesuai dengan besar diameter ring yang akan kita pakai, usahakan ketika memotong diberi jarak lebih sekitar 15cm dari ukuran ring dan jangan terlalu mepet karena akan mempersulit proses pemasangan.

pemasangan kulit dan tali

semua tali harus terpasang

tali harus rapi













sebelum kulit yang sudah tepasang kita kencangi, rapikan dulu kulit beserta talinya. perhatikan dengan baik apakah kulit djembe ada yang terlipat atau tidak, karena bila ada lipatan di dalam ring djembe akan berakibat kulit djembe robek ketika kita kencangi talinya. usahakan posisi kulit tidak miring agar terlihat rapi.

jika di rasa sudah rapi dan tidak ada lipatan kencangkan tali djembe dengan menggunakan alat bantu, dengan alat ini maka proses penarikan tidak terlalu berat. biasanya pada proses ini bila kulit djembe kita kencangkan terlalu kuat, kulit bisa pecah. tapi bila terlalu kendor saat kulit djembe sudah kering dan akan kita steam suaranya akan turun sekali kulitnya. jadi ketika kita kencangkan kulit djembe harus sambil kita lihat kekencangan kulit.
tampak samping
setelah itu baru djembe yang baru kita pasang tadi siap di jemur, proses penjemuran kulit djembe biasanya membutuhkan waktu minimal 3 hari tergantung dari cuaca. tunggu sampai kulit djembe benar-benar kering sebelum kita steam suaranya seperti yang kita mau.... 
djembe siap di jemur


kerataan ring harus di utamakan













seperti itulah proses pemasangan kulit djembe yang bisa saya jelaskan. ada baiknya juga bila teman-teman perkusionis yang menggemari djembe mencoba mempraktekan sendiri dirumah. jadi ketika djembe yang kita punya pecah kita tidak perlu lagi mencari tempat servis djembe. selamat mencoba...

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. bang ngerendem kulitnya make air panas atau dingin dan berapa lama ngerendemnya

    BalasHapus
  2. Bang itu pakek kulit yg baru,, apa kulit yg udah kering di jemur terus di rendem lagii,,

    BalasHapus
  3. Bang itu pakek kulit yg baru,, apa kulit yg udah kering di jemur terus di rendem lagii,,

    BalasHapus

- Copyright © Kang Mujeck Ethnic - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -